Anti Virus Komputer Gratis Dan Terbaik 2020

Bagi kamu para pengguna komputer dan laptop pasti pernah merasakan komputer dan laptop diserang virus. Tugas-tugas akan menjadi terhambat karena kerja komputer dan laptop yang lambat bahkan bisa rusak. Dengan berkembangnya teknologi sekarang banyak sekali virus dan malware yang semakin berbahaya. Untuk mencegah hal itu terjadi maka komputer dan laptop kamu memerlukan proteksi tambahan berupa software anti virus.

Anti virus ini memiliki fungsi untuk mendeteksi, mencegah lalu menghapus program virus yang berusaha masuk ke komputer kamu. Kamu bisa menemukan banyak program anti virus di internet. Anti virus yang bagus adalah yang ringan, ampuh dan efektif untuk komputer. Dan juga bisa digunakan untuk windows 7, 8, hingga 10. Memang tidak ada anti virus yang sempurna namun kamu setidaknya memiliki perlindungan dari virus berbahaya.

Ketahui Jenis Jenis Antivirusnya

Ada dua macam anti virus yaitu anti virus gratis dan anti virus berbayar. Anti virus gratis sebenarnya sudah cukup ampuh untuk melindungi komputer kamu dengan catatan kamu tidak sering menghubungkannya dengan internet dan memasukkan flashdisk yang menjadi penyebab banyaknya virus yang masuk. Tapi jika kamu sering menggunakan komputer kamu untuk online atau terhubung dengan internet dan kamu menyimpan berkas penting di komputer maka sebaiknya kamu pilih anti virus yang berbayar.

Tentu saja anti virus berbayar ini menawarkan proteksi yang lebih bagus daripada anti virus gratis. Antivirus yang terbaik bukan hanya karena gratis atau berbayar saja. Masih ada faktor lain yang mempengaruhinya seperti spesifikasi komputer kamu apakah sesuai dengan anti virus itu. Jika kamu hanya memiliki komputer dengan seri yang lama sebaiknya tidak memilih anti virus terbaru karena mungkin saja komputer kamu akan kewalahan menjalankan system anti virus ini. Komputer akan bekerja menjadi sangat lambat, alih alih melindungi dari virus komputer kamu bisa saja rusak.

Anti virus yang bagus dan terbaik sebenarnya adalah anti virus yang sesuai kebutuhan. Jika kamu menggunakan anti virus yang tidak sesuai maka itu hanya akan memberatkan komputer kamu saja, namun jika anti virus yang kamu pilih terlalu sederhana juga malah membuatnya semakin rentan terhadap virus berbahaya. Bagi kamu yang hanya menggunakan komputer secara standar maka kamu bisa pilih anti virus gratis saja. Berikut ini akan kita berikan informasi daftar anti virus komputer gratis dan terbaik di 2020 antara lain:

1. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus adalah anti virus di urutan pertama yang masuk daftar anti virus komputer gratis dan terbaik ini. Anti virus ini menjadi anti virus yang paling populer sebab kemampuannya dalam membunuh berbagai virus dan malware berbahaya sampai serangan dari hacker. Avast memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk melindungi komputer kamu. Fitur-fitur itu antara lain CyberCapture yaitu system untuk membersihkan dari ancaman, WiFi Inspector yang bisa mengamankan WiFi.

Lalu ada Smart Scan yang memiliki fungsi untuk mendeteksi ancaman keamanan komputer, Game Mode yang bisa mengatur notifikasi sesuai keinginan kita dan Behaviour Shield yang bertindak sebagai pengawas komputer. Kelebihan Avast Free Antivirus ini adalah fitur keamanannya real-time dan ada scanning lengkap, memiliki fitur Password Manager untuk keamanan akun kamu. Namun semua fitur itu hanya beberapa yang ada di versi berbayarnya.

2. AVG

Ini adalah anti virus yang sudah cukup tua. Namun memiliki fitur yang cukup untuk melindungi komputer kamu dari virus berbahaya. Fitur itu antara lain Web Protection yang berfungsi untuk memantau dan melindungi kamu saat kamu browsing, scanner email, penjadwalan, pilihan pemindaian dan update otomatis. Anti virus AVG ini bisa digunakan untuk Windows XP, 7 dan 10.

3. Bitdefender Antivirus Free Edition

Ini adalah anti virus gratis selanjutnya yang juga cukup populer belakangan ini. antivirus yang dikembangkan oleh perusahaan Rumania ini dikenal ampuh untuk melindungi komputer dan laptop kamu. Bitdefender termasuk anti virus yang paling ringan diantara lainnya.

Beberapa fitur yang ada di Bitdefender antara lain On-demand Virus Scanning yaitu pembunuh segala jenis virus seperti virus Trojan, ransomware, malware dan lainnya, Anti-phishing Feature yang akan melindungi akun-akun online kamu, Behavioral Detection yang memiliki fungsi memantau aplikasi, dan Anti-fraud yang akan mengawasi situs-situs yang kamu kunjungi. Anti virus ini juga memiliki fitur Password Manager dan Private VPN. Anti virus ini bisa digunakan untuk Windows 7, 8, 8.1, dan 10.

4. Avira Free Antivirus

Avira antivirus sudah ada sejak tahun 1986 dan ini menjadi anti virus yang terkenal bersama AVG. namun meskipun ini anti virus paling tua tidak menjadikan performanya kalah dengan yang lain. bahkan Avira bertahan sampai sekarang karena kemampuannya melindungi komputer dari serangan virus berbahaya.

Fitur yang terdapat pada anti virus Avira adalah Protection Cloud yang berfungsi menganalisa file kamu, Browser Tracking Blocker yang akan mengawasi browsing. Ada juga PUA Shield yang digunakan untuk menangkal aplikasi berbahaya dan rawan virus.

5. Kaspersky Free Antivirus

Anti virus buatan Rusia ini juga menjadi salah satu yang masuk daftar anti virus komputer gratis dan terbaik. Kaspersky sangat populer dan masuk dalam 10 besar anti virus top setiap tahun berkat kemampuannya. Anti virus ini mampu memblokir link berbahaya dan malware serta memiliki fitur Web and Email Protection.

Di awal tahun 2000an, antivirus Kaspersky lebih dikenal sebagai antivirus yang ampuh menghalau virus dari internet. Jadi, buat yang sering online, antivirus ini cocok banget diinstal di laptop atau komputer kamu.

6. Panda Free Antivirus

Antivirus yang ringan lebih diminati untuk digunakan, karena tak akan membuat proses kerjanya lemot dan membuat laptop atau komputer kita lemot. Nah, Anti virus yang mengambil nama hewan yang berasal dari China ini adalah salah satu anti virus paling ringan yang populer digunakan di komputer dan laptop.

Namun kamu tidak boleh memandang sebelah mata anti virus Panda Free ini. anti virus ini memiliki fitur Real-time Updates untuk scanning virus dan USB Protection. Seperti yang sudah diketahui virus bukan hanya dari internet saja namun bisa juga berasal dari USB atau flashdisk yang terhubung. Dengan memakai anti virus ini kamu bisa mencegah virus yang mungkin terbawa di USB menginfeksi komputer kamu.

Karena colok mencolok USB pun terkadang tak bisa kita kontrol, kita tak bisa memastikan bahwa flashdisk atau media pengiriman yang kita colokkan bebas dsri virus sebelum mencolokkannya dan melakukan scanning.

7. ZoneAlarm Free Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus hadir di daftar anti virus komputer gratis dan terbaik saat ini. Anti virus ini memiliki banyak perbaikan dan juga fitur baru seperti Antivirus and Antispyware yang akan membersihkan segala jenis virus berbahaya, Personal Firewall yang berfungsi melindungi komputer dari macam-macam aktivitas, dan Gamer mode yaitu mode saat kamu bermain game tanpa diganggu.

Anti virus ini juga memiliki tools yang sangat berguna. Jadi sangat cocok jika kamu sering menggunakan laptop atau komputer kamu sebagai media bermain game, anti virus ini bisa diinstal. Agar permainan game tetap berlanjut, namun pengamanan sistem pun tetap berjalan.

8. 360 Total Security

Satu lagi anti virus yang populer dan gratis yang menjadi favorit banyak orang adalah 360 Total Security. Anti virus ini diklaim memiliki fitur terlengkap sekaligus terbanyak. Kelebihan ini akan membuat komputer dan laptop kamu akan semakin terlindungi dari virus berbahaya.

360 Total Security juga memiliki fitur Web Protection dan Auto-scanning of Files yang membuat komputer kamu semakin aman. Antivirus ini sayangnya masih tergolong anti virus yang masih baru, dan banyak digunakan pengguna smartphone saat ini.

9. Adaware Antivirus 12

Ini adalah salah satu dari daftar anti virus komputer gratis dan terbaik yang harus kamu punya. Anti virus ini memiliki fitur Download Protection untuk keamanan saat kamu mendownload file. Ada juga PC Protection yang melindungi komputer kamu dari virus dan malware berbahaya. Keamanan Real-time anti virus ini juga terjamin.

Jari bagi kamu yang sering download lagu, file, film, atau apapun, pastikan menginstal Adware, karena anti virus ini akan memastikan virus tak ikut terdownload dalam berkasmu. Karena sudah menjadi hal umum jika virus menyusup masuk ke perangkat bersamaan dengan proses download atau pengiriman file.

10. Smadav Antivirus

Siapa yang tak tahu Smadav, awal kemunculannya anti virus ini sempat diragukan, dan banyak yang enggan menginstal. Selain karena grafisnya yang tak begitu menarik, Smadav juga dirasa tak memberikan perubahan apapun. Namun waktu terus berjalan, anti virus yang dibuat dan dikembangkan oleh developer Tanah Air pun semakin baik.

Smadav semula adalah anti virus gratisan, namun kini juga ada versi berbayarnya. Smadav Anti virus memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk memberantas virus-virus berbahaya, khususnya virus-virus lokal. Karena ternyata memang ada virus virus lokal yang tak bisa terdeteksi oleh Antivirus terbaik buatan luar negri, namun bisa terdeteksi oleh Smadav. Anti virus ini juga sangat ringan saat digunakan di komputer dan laptop dan tentu saja gratis

Anti virus Smadav memiliki kemampuan untuk menghilangkan virus shortcut yang terdapat di flashdisk. Jadi, Smadav menjadi salah satu alternatif anti virus tambahan yang kini biasa diinstal di semua laptop.

Nah itu dia daftar anti virus komputer gratis dan terbaik di 2020 yang wajib kamu install untuk menjaga komputer maupun laptop kamu. Menggunakan anti virus gratis maupun berbayar adalah keputusan pribadi kamu. Yang menjadi hal utamanya adalah kamu mempunyai perlindungan untuk komputer kamu dari virus dan malware berbahaya.

Dan yang pasti adalah untuk selalu meng update anti virus yang kamu miliki. Karena akan sangat percuma jika kamu sudah menginstal anti virus, namun kamu tidak pernah update anti virus itu, kinerjanya pun tak akan baik, dan bisa juga anti virus mu malah yang terkena virus.

Jadi, kondisikan anti virus kamu selalu update, agar dia tetap sehat dan mampu menjaga kesehatan komputer atau laptop kamu dengan baik juga. Selamat mencoba!

Sumber = cekaja.com