Honda Mobilio - Harga, Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangannya

08:48:00
Clicktekno - Kehadiran Honda Mobilio sepertinya menjadi ancaman baru bagi para pesaingnya, seperti kita ketahui PT Honda Prospector Motor merancang Honda Mobilio didesain untuk segmen low MPV di Indonesia yang sebelumnya selama bertahun-tahun segmen ini dirajai oleh duet kembar Toyota Avanza-Daihatsu Xenia serta Suzuki Ertiga yang beberapatuh lalu baru muncul.
Keputusan Honda melahirkan kendaraan bersegmen low MPV memang sangat tepat, kehadiran Honda Mobilio ini menjadi senjata baru Honda mengingat sebelumnya Honda tidak punya senjata utama di segmen low MPV. Untuk segmen ini dulu Honda hanya mengandalkan Honda Freed yang notabene merupakan MPV kelas atas. Prestasi cemerlang saat pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2014, Honda Mobilio langsung membuat geger publik otomotif karena peminatnya dalam lima bulan pertama sejak diperkenalkan menembus angka 10 juta unit.
Basic mesin untuk membangun Honda Mobilio sama seperti Jazz atau Freed hanya saja segmentasi yang berbeda mendorong Honda menyesuaikan dengan segmen low MPV yakni mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang memiliki kapasitas 1500 cc. Honda Mobilio termasuk kriteria mobil low cost green car atau LCGC, yang berarti harga Honda mobilio yang murah dan mendukung minimalisasi pemanasan gas buang dengan emisi gas buang yang rendah.
Alasan mengapa konsumen bisa langsung jatuh cinta pada Mobilio adalah kombinasi desain dan performanya. Desain Mobilio memang berbeda dengan yang lain yakni lebih sporty, lebih dinamis, dan tentunya lebih elegan. Alasan lain, performa ruang dapur pacu pun juga sedikit banyak berpengaruh pada harga Honda Mobilio di pasaran.

Harga Honda Mobilio

Harga Honda Mobilio sendiri memang dibedakan pada setiap tipenya di mana Honda menghadirkan tujuh tipe Mobilio. Untuk tipe terendah, yakni Mobilio tipe S, dibanderol dengan harga sekitar Rp 170 jutaan. Sementara itu, di atas Mobilio tipe S ada Mobilio tipe S yang dibagi dalam dua varian, yakni bertransmisi manual dan matic dibandrol dengan harga 181 jutaan. Harga Honda Mobilio tipe E manual dibanderol dengan harga sekitar Rp 202 jutaan. Sementara Mobilio tipe E transmisi otomatis dibanderol dengan harga sekitar Rp 213 jutaan. Sebenarnya masih ada satu lagi Mobilio tipe E, yaitu Mobilio E Prestige. Tipe Honda Mobilio tertinggi untuk seri E ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 22 jutaan. Selain dari tipe tersebut, Honda pun juga menghadirkan Mobilio tipe sport, atau dikenal dengan varian Mobilo RS. Sama seperti varian mobil Honda lain dengan label “RS”, Mobilio RS ini juga memiliki desain eksterior yang lebih sporty dan juga didukung oleh interior yang cukup mewah. Banderol harga Honda Mobilio RS untuk tipe manual adalah Rp 225 jutaan, sedangkan untuk transmisi otomatis dijual mulai Rp 234 jutaan. Sementara Mobilio RS CVT Limited Edition dibanderol dengan harga sekitar Rp 238 jutaan.
Tipe Mobil Harga
Mobilio S Manual 181.500.000
Mobilio E Manual 202.000.000
Mobilio E CVT 213.000.000
Mobilio Prestige CVT 222.500.000
Mobilio RS Manual 224.000.000
Mobilio RS Matik 234.500.000

Spesifikasi Honda Mobilio


MESIN
Tipe 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Sistem suplai Bahan bakar PGM-FI
Diameter x Langkah 73 x 89,4 (mm)
Kapasitas 1496 cc
Perbandingan komperasi 10,3 : 1
Daya maksimum 88 Kw(118 PS)/6.600 rpm
Momen Puntir Maksimum 14,8 kg,m(145Nm)/4.600rpm
DIMENSI
Panjang x lebar x tinggi 4.386 x 1.683 x 1.603 (mm)
Jarak sumbu roda 2.650 mm
Jarak Pijak Depan / Belakang 1472/1475 mm
Radius Putar 5,2 m
Jarak terendah (Ground Clearance) 189 mm
Kapasitas tangki bahan bakar 42 liter
EKSTERIOR
Chrome Front Grille Ada semua tipe
Side Door Mirror Body Color untuk tipe S, Bodu color with Turning Signal untuk tipe E M/T dan E CVT
Door Handle Hitam untuk tipe S, selaras warna bodi untuk tipe E M/T dan E CVT
LED High Mount Stop Lamp ada semua tipe (sama)
Rear Reflector ada semua tipe (sama)
Rear Wiper ada semua tipe (sama)
Fog Lamp hanya tipe E M/T dan E CVT
INTERIOR
Multi Information LCD ada semua tipe
Eco Indicator ada semua tipe
Audio Single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input (tipe S), Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + USB Port + Made for iPod dan iPhone (untuk tipe E M/T dan E CVT)
AC Double Blower hanya tipe E M/T dan E CVT
Power Door Mirror ada semua tipe
Power Window ada semua tipe
Power Outlet ada semua tipe
Green glass ada semua tipe
Seat Back Pocket tidak ada untuk tipe S, Passenger Seat untuk tipe E M/T, Driver dan Passenger untuk tipe E CVT
Survisor with Vanity Mirror tidak tersedia untuk tipe S, Passenger Side untuk tipe E M/T, Driver dan Passenger untuk tipe E CVT
Grab Rall (x 4) hanya tipe E M/T dan E CVT
Cup Holder 9 (semua tipe)
One Touch Tumble Seat (kursi baris kedua) ada semua tipe
2nd Row Sliding Seat hanya tipe E M/T dan E CVT
2nd dan 3rd Seat Fold & Tumble ada semua tipe
Warna Interior Beige (semua tipe)
Footrest ada semua tipe
Kapasitas penumpang 7-8 orang.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio

Pabrikan Honda memang sangat pintar dalam membaca peluang, mobil low MPV dari Honda menyuguhkan keunggulan-keunggulan yang patut dipertimbangkan untuk membuat para konsumennya. Kelebihan yang ditawarkan sangatlah menarik diantaranya:
Performa Mesin, Dengan mesin 1.500 cc L15Z1 yang bertenaga 118 Hp menjadikannya lebih agresif, terlebih mesin ini merupakan mesin 1.500 cc terbaru dari Honda yang digunakan pada mobil Honda City generasi 2014 dan akan digunakan juga pada Honda Jazz. Walaupun pihak Honda mengurangi 2 Hp untuk masalah tenaga bisa bersaing, sisi baiknya pengurangan tersebut bertujuan memindah tenaga ke putaran bawah agar konsumsi bahan bakar lebih hemat.
Kabin Luas, Meskipun secara eksterior Honda Mobilio memiliki tinggi yang paling rendah dibandingkan dengan kompetitornya, namun ternyata kabin Honda Mobilio paling lega dibandingkan dengan MPV sekelasnya.
Desain Sporty, Desain eksterior yang melekat pada Honda Mobilio merupakan yang paling seksi bila dibandingkan dengan para kompetitornya, saat anda membawa mobil ini untuk acara keluarga atau jalan-jalan tidak akan terkesan seperti membawa sebuah mobil keluarga.
Pengendalian, Honda Mobilio memiliki handling yang sangat baik karena memiliki basis yang sama dengan Honda Brio, meskipun menggunakan EPS yang mengurangi feeling mengemudi, body roll dan feedback setir yang diberikan mobil ini masih lebih baik dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya.
Kelebihan lain, Selain yang sudah dijelaskan diatas kelebihan Honda Mobilio adalah Fitur keselamatan dengan dual SRS airbags, layanan purna jual cukup baik, Legroom dan headroom cukup lega, dan yang tak kalah penting harga bekas yang bertahan.
Dari beberapa analisa Honda Mobilio juga memiliki beberapa kekurangan yakni desain dan kualitas interior yang sangat mirip dengan honda brio, kekedapan kabin kurang saat mesin melaju diatas 80 km, kwalitas pengerjaan yang terkesan kejar tayang, sparepart lumayan mahal, dan material interior dominan plastik.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2016 Simple SEO ✔